-

Usai Ciptakan Kain Sutra Serat Pandan Rawa, Vj Vinto Kembali Ciptakan Pewarna Batik dari Bahan LUMPUR

 Selasa, 26 September 2017  | LintasBarat.com |  Dilihat 572 

BUDAYA - Siapa yang tak kenal dengan Bustam Efendi yang lebih dikenal dengan panggilan Vj Vinto, pengrajin dan desainer muda, dari Kabupaten Bungo yang berhasil mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat Nasional, bahkan saat ini sudah mulai dikenal di kanca internasional, dari hasil karya cemerlangnya mengolah, dan menjadikan pandan rawa menjadi kain, dengan nama produk Sutra Serat Pandan Rawa.

Dari hasil karya Vj Vinto tersebut, alhasil Provinsi Jambi dianugerahi ASEPHI EMERGING AWARD, penghargaan terbaik dalam inovasi produk Inacraft 2017, anak muda yang inovatif dalam menciptakan produk yang baru, yang sebelumnya tidak ada.

Pada pemeran dan perdagagangan kerajinan dan ekonomi kreatif terbesar di Indonesia( Even Inacraft)  ke-19 Tahun 2017, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Hj.Mufidah Jusuf Kalla pada tanggal 26 April 2017, pengrajin Jambi menorehkan prestasi terbaik, dianugerahi terbaik nasional dalam inovasi. Tentunya prestasi tersebut mengharumkan dan mengangkat nama Provinsi Jambi di tingkat Nasional.

Berhasil mengharumkan nama baik Provinsi Jambi, bukan bearti Vj Vinto berhenti dalam  berkarya, justru menambah motivasinya dalam menciptakan karya pengrajinya yang lebih cemerlang. Dibuktikan oleh Vj Vinto dengan karya barunya yang lebih inovatif yaitu menciptakan perwarna batik dari lumpur, yang diberinya nama PEWARNA ALAM LUMPUR BAKAR BUNGO.

“ Saat ini masih terus melakukan pembaharuan, dan sudah mendapatkan hasil. Dan saya beri nama  PEWARNA ALAM LUMPUR BAKAR BUNGO. Semoga dengan hasil karya saya ini, menambah catalog pewarna batik alam Indonesia,” ujar Vj Vinto.

Sebelumnya Vj Vinto yang menciptakan batik motif  daun pisang kayak, batik motif pecah warna, batik motif aek gemuruh, batik motif tulis,  batik motif  bungo bangkai, , batik motif  tulis halus, batik motif tanjung belit dan batik motif lainya.

Dari hasil karya dan kerja keras Vj Vinto, menjadikan Provinsi Jambi mendapat penghargaan, The Best POroduck 2017.  Selain mendapakan tropi dan piagam, juga mendapatkan hadiah uang Rp. 1 miliar dari Bank BNI Life dan tiket Jakarta – Yogyakarta dari Batik Airlines.

“ Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dari Gubernur Jambi H. Zumi Zola, S.TP, M.A, Bupati Bungo H. Mashuri,SP, ME serta upaya-upaya pembinaan, pemdampingan, dan motivasi yang dilakukan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi yang bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten/ Kota se Provinsi Jambi,” ujar Vj Vinto yang berhasil menciptakan Bunga Ilalang menjadi benang yang dijadikan bahan Kain/Textil.

Pada saat ini, Vj Vinto disibukan dengan karya terbarunya yang lebih mengagumkan lagi, Vj Vintto mengolah lumpur menjadi pewarna batik, yang di beri nama PEWARNA ALAM LUMPUR BAKAR BUNGO.  Proses pembuatan pewarna alam dari LUMPUR melalui proses di bakar terlebih dahulu guna menghasilkan warna-warna yang unik.

Menurut Vj Vinto, umumnya di Indonesia seperti daerah Jawa, NTT dan daerah lainya, dalam mewarnai batik kebanyakan mengunakan bahan tumbuhan, buah-buahan dan getah. Dan tidak ada yang mengunakan bahan pewarna batik, dengan bahan yang tampil beda, yang menunjukan ciri khas  pewarna batik tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain.

Dari sinilah, muncul ide cemerlang Vj Vinto melakukan riset pewarna alam dari LUMPUR. Alhasil risetnya berhasil, bahkan hasil reset sementaranya cukup memuaskan, dan menghasilkan warna yang unik, dan menjadi kehasan tersendiri  Provinsi Jambi.

“  Alhamdulillah dari hasil riset saya yang memakan waktu lebih kurang 7 bulan, sekarang sudah mendapatkan hasil, dan saya beri nama PEWARNA ALAM LUMPUR BAKAR BUNGO, menambah pewarna batik alam Indonesia dan menjadi ciri khas Jambi. Dan secepatnya saya akan mengurus hak ciptanya. Kalau masyarakat yang ingin melihat langsung hasil batik perwarna LUMPUR BAKAR BUNGO, silakan datang ke Rumah Batik Vinto,” jelas Vj Vinto.

Poto- poto  hasil karya Vj Vinto

Tak lupa juga Vj Vinto mengucapkan ribuan terima kasih, atas support dari Dinas Perindustrian Prov Jambi, Dinas Perindustrin Kab.Bungo, Dekranas Bungo, Mas Sahekhu, dan seluruh pengrajin yang turut terlibat pada riset Lumpur Menjadi Pewarna Batik ( LUMPUR BAKAR BUNGO). (sty)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Usai Ciptakan Kain Sutra Serat Pandan Rawa, Vj Vinto Kembali Ciptakan Pewarna Batik dari Bahan LUMPUR

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE