-

Tidak Terbukti Bersalah di Sidang Adat Tingkat Kecamatan RY Bebas Dari Tuntutan Adat Dusun Sepunggur

 Senin, 28 Februari 2022  | LintasBarat.com |  Dilihat 3370 

HUKUM - Terkait kasus salah satu Sekdus di Kabupaten Bungo, diduga mengajak selingkuh istri orang, dan dikenakan sanksi adat serta diminta mundur dari jabatanya sebagai Sekretaris Dusun (Sekdus) oleh Lemabag Adat dan perangkat Dusun Sepunggur. Terduga berinisial RY tidak terima atas kepeutusan dari Lembaga Adat Dusun Sepunggur dan melakukan banding ke Lembaga Adat Kecamatan Bathin II Babeko.

Dari keterangan RY kepada lintasbarat.com, RY tidak menerima atas keputusan sanksi yang dikeluarkan oleh Lembaga Adat Dusun Sepunggur, yang memutuskan kalau RY terbukti bersalah, telah menganggu serta mengajak selingkuh wanita yang sudah bersuami berinisial DB.

Menurut RY, pada sidang adat di Dusun Sepunggur RY tidak di panggi untuk hadir pada sidang adat, seharusnya RY dipanggil pada sidang untuk diminta keteranganya.

" Saya tidak pernah merusak rumah tangga orang, apa lagi mengoda dan mengajak selingkuh DB. saya sangat terkejut tiba-tiba saya mendengar ada sidang adat dan saya mendapat sanksi adat (hutang) dengan rincian 8 kayu kain, seekor kambing lengkap dengan selemak semanihnyo. Ya saya tidak menerima, dan saya banding ke ke Lembaga Adat ketingkat Kecamatan Bathin II Babeko," ujar RY

Atas laporan banding yang dilakukan oleh RY ke Lembaga Adat Kecamatan Bathin II Babeko, minggu (27/02/2022) dimulai pukul 10.30 Wib, bertempat di Aula Kantor Camat sidang adat dimulai.

 

Dalam Persidangan hadir :
1. ARAHMAN Ketua LAM Kec.Bathin II Babeko.
2. AKP DARMADI SPD.I  Kapolsek Babeko di Wakili BRIPK YOURDAN SETIAWAN Kanit Reskrim Polsek Bathin II Babeko Beserta Bhabinkamtibmas BRIPKA ARJUNIF
3. MAHYARUDIN Sekretaris LAM Kec.Bathin II Babeko
4. AZRA'I  LAM Dsn.Tuo Sepunggur
5. M.HATIB Agt LAM Kec.Bathin II Babeko
6. M.SANI LAM Dsn Sepunggur
7. ROHANI Kasi Pem Kec.Bathin II Babeko
8. HARKONI Kadus Dsn.Tuo Sepunggur
9. Supri KA Kampung Sk Makmur
10. MARDOMI LAM Sk Makmur
11. AMRIZAL LAM Simp Babeko
12. DARKUTNI  KA Kampung Simp Babeko
13.  SUHAIMI KA Dsn Sepunggur
14. SADRI KA Kampung Tj.Menanti
15. ZAINAL Agt LAM Kec.Bathin II Babeko

Persidangan dimulai dengan mendengarkan penjelasan serta laporan kronologi kejadian, dari laporan HK selaku suami dari DB mengadu ke Lembaga Adat Dusun Sepunggur yang merasa tidak senang istrinya dituduh selingkuh dengan RY. Dan dari hasil keputusan sidang adat Dusun Sepunggur pada hari Rabu tanggal 16 February 2022 pukul 01.00 Wib dini hari di Aula Kantor Rio Dusun Sepunggur, diputuskan RY melanggar adat istiadat, dan dikenakan denda adat. Dari putusan tersebut RY tidak terima dan mengajukan banding ke Lembaga Adat Kecamatan Bathin II Babeko Kabupaten Bungo.

Setelah penyampaian berbagai sumber, Arahman selaku Ketua Lembaga Adat Kecamatan Bathin II Babeko dan anggota sidang lainya, meminta kepada DB istri dari HK untuk diambil sumpah atas kebenaran dari laporan suaminya, karena sudah digoda RY dan diajak untuk berselingkuh.

Namun mengejutkan, saat Lembaga Adat Kecamatan meminta DB diambil sumpah DB menolak untuk diambil sumpah. Penolakan DB tersebut menjadi pedoman Ketua beserta anggota lembaga adat kecamatan untuk menyimpulkan keputusan.

Kemudian Arahman meminta kepada RY untuk diambil sumpah, kemudian RY bersedia diambil sumpah. 
Dari hasil rembuk bersama Lembaga Adat Kecamatan Bathin II Babeko, sekitar pukul 15.00 Wib, pimpinan sidang memutuskan bahwa kepuitusan sidang Lembaga Adat Dusun Sepunggur dibatalkan, dan RY dinyatakan tidak bersalah.

Dari hasil keputusan tersebut seluruh peserta sidang menerima keputusan dari Lembaga Adat Kecamatan Bathin II Babeko.  RY sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT, dan mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Adat Kecamatan Bathin II Babeko, yang sudah menerima bandingnya.

Sementara itu pihak kepolisian dari Polsek Babeko yang hadir dan mengawal persidangan dari awal sampai selesai sidang merasa lega, karena selama persidangan berjalan lancar tanpa ada kendala.
Kapolsek Babeko AKP Darwandi SPD.i diwakili Kanit Reskrim Bripka Yourdan Setiawan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan menjaga ketertiban sehingga persidangan berjalan berjalan lancar. sty

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Tidak Terbukti Bersalah di Sidang Adat Tingkat Kecamatan RY Bebas Dari Tuntutan Adat Dusun Sepunggur

Arsip Berita

Copyright © 2022 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE