-

SMKN 1 Muara Bungo, Satu-Satunya Sekolah Yang Mengelar UNBK di Kabupaten Bungo

 Selasa, 5 April 2016  | LintasBarat.com |  Dilihat 2592 

LINTAS BARAT – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Tahun 2016 Kabupaten Bungo mengelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dan hanya ada satu sekolah yang menyelengarakanya yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Muara Bungo. Menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Bungo yang tahun ini menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tercatat ada 227 siswa SMKN 1 Muara Bungo yang terdaftar sebagai peserta UNBK tahun ini.

Menururt Kepala SMKN 1 Bungo, Zulkifli,  tahun 2016 ini merupakan yang pertama kali SMKN 1 Muara Bungo menggelar UNBK. Meskipun banyak kendala, mnurut Zulkifli  pihaknya tetap berupaya melaksanakan UNBK sebaik mungkin.

“Alhamdulillah, meskipun sedikit ada kendala, namun UNBK di SMKN 1 berjalan lancar," Kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli, kendalanya adalah dengan keterbatasan jumlah komputer, terpaksa cara mengatasinya dengan sistem shift bagi siswa yang mengikuti UNBK.

" Keterbatasan kekurangan komputer yang menjadi kendala, namun untuk mengatasinya, kita gunakan sistem shift kepada siswa yang mengikuti UNKB," ujar Zulkifli.( adi)

 

 

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : SMKN 1 Muara Bungo, Satu-Satunya Sekolah Yang Mengelar UNBK di Kabupaten Bungo

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE