-

PT. Citra Sawit Harum (CSH) Diduga Acuhkan Peringatan Bupati Bungo H.Mashuri

 Jumat, 13 Oktober 2017  | LintasBarat.com |  Dilihat 430 

PERISTIWA - Persoalan antara warga dengan  PT. Citra Sawit Harum (CSH) dari tahun ke tahun sepertinya tidak kunjung usai.  Kehadiran PT.CSH di Kecamatan Pelepat, bagi masyarakat sekitarnya bukan menguntungkan warga, justru di duga merugikan masyarakat sekitar perusahaan tersebut.

Kali ini masyarakat Desa Aurcino kembali mempersoalkan PT.CSH.  Bahkan masyarakat Desa Aurcino pada tanggal 29 Agustus 2017, melayangkan surat pengaduan  kepada Bupati Bungo, terkait berbagai  persoalan yang terjadi di desa mereka akibat ulah dari  PT.CSH.

Berikut isi surat keresahan masyarakat Desa Aurcino akibat ulah PT.CSH,  yang ditujukan kepada Bupati Bungo  yang ditanda tangani Wakil Ket BPD dan Rio Desa Aurcino:

  1. Kerusakan jalan menganggu aktivitas masyarakat Desa Aurcino, yang diakibatkan oleh kegiatan PT.CSH yang melalui jalan Desa, mengunakan kendaraat berat jenis Jhounder.
  2. Tindakan sewenang-wenang PT.CSH yang telah enutup akses jalan pertanian masyarakat dengan memasang portal besi, sehingga masyarakat tidak bisa lagi mengunakan akses jalan tersebut ,untuk membawa hasil perkebunan, dan merusak pagar milik warga setempat.
  3. Diduga PT.CSH memalsukan dokumen/ membuat dokumen fiktif atas nama Koperasi ( KOPSA Pancur Gading Harum), dengan modus untuk menguasai tanah hak milik masyarakat.
  4. Diduga PT.CSH telah melakukan penyerobotan tanah masyarakat berdasarkan surat RIO Dusun Aurcino kepada Dirut PT.CSH, pada bulan April 2015.
  5. Berdasarkan peta situasi yang dibuat oleh DPP LP2LH, bersumber dari :
  1. Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI)
  2. Peta Administrasi Provinsi Jambi
  3. C. Peta Kawasan Hutan Jambi SK. No. 727/Menhut-II/2012 tanggal 10 Desember 2012.
  4. Peta Kawasan Hutan Jambi SK. No.863/Menhut-II/2014 tanggal 29 Desember 2014
  5. Perta Dasar Tematik Kehutanan (PDTK) Provinsi Jambi Tahun 2017.

Diduga PT.CSH telah menanam sawit di area Hutan Produksi dan Hutan Lindung, serta di tanah masyarakat.

 

Dengan surat  pengaduan  yang  diberikan langsung kepada Bupati Bungo H.Mashuri, masyarakat berharap Bupati untuk segera memanggil pihak PT.CSH dan penyelesaikan persoalan antara warga Desa Aurcino dan PT.CSH.

Salah seorang tokoh pemuda, Yantoni (43) berharap kepada Bupati Bungo H.Mashuri untuk dapat secepatnya menyelesaikan persoalan antara warga Desa Aurcino dan PT.CSH.  Menurut Yantoni,  Bupati harus mengetahui jika PT.CSH tidak mengindahkan surat peringatan Bupati H.Mashuri  pada bulan Agustus 2016 lalu, dimana Bupati Bungo H.Mashuri sudah memberikan surat peringatan terhadap PT.CSH, agar kendaraan perusahaan PT.CSH tidak lagi melintasi jalan pemerintah.

“ Bapak Bupati Bungo H.Mashuri harus mengetahui, jika PT.CSH sudah mengindahkan perintah Pak Bupati. Saat ini kendaraan berat PT. CSH masih terus melintasi jalan desa,” ujar Yantoni.  (sty/wan)

  

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : PT. Citra Sawit Harum (CSH) Diduga Acuhkan Peringatan Bupati Bungo H.Mashuri

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE