-

Program Berbagi Kursi Roda Gratis Walikota Jambi Jadi Ajang Serap Aspirasi Warga

 Kamis, 27 April 2017  | LintasBarat.com |  Dilihat 224 

JAMBI – Program inspiratif Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha berbagi kursi roda gratis yang didedikasikan bagi masyarakat Kota Jambi yang membutuhkan terus bergulir. Kegiatan yang terus mendapat apresiasi dan sambutan luar biasa dari masyarakat tersebut, memang memiliki manfaat dan nilai emosional yang luar biasa bagi penerima manfaat kursi roda, maupun bagi masyarakat luas.

Bagaimana tidak, selain memberikan harapan baru pagi penyandang disabilitas yang menerima bantuan tersebut, program ini juga menjadi ajang berkeluh kesah dan sarana menyampaikan aspirasi masyarakat kepada sang Wali Kota Jambi.

Begitupun juga bagi Wali Kota Jambi, kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi pemimpin kepada masyarakatnya, namun juga secara tidak langsung menjadi ajang dan sarana yang efektif dalam menyerap aspirasi dan melihat langsung hasil pembangunan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Jambi dibawah kepemimpinanya selama ini.

Hal tersebut tampak pada kesempatan Wali Kota Jambi Sy Fasha memberikan bantuan kursi roda di tiga tempat yang berbeda pada Senin (24/4). Walaupun dalam kondisi di hari libur, tidak menghentikan langkahnya dalam beraktifitas menyapa masyarakat Kota Jambi melalui program yang diinisiasinya untuk memberikan bantuan kursi roda gratis dari gajinya sebagai Walikota Jambi selama ini.

Ditempat pertama, Wali Kota Fasha menyambangi Said Ahmad Safiq warga Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin. Berawal dari laporan bibinya melalui akun Instagram pribadi Walikota Jambi, Fasha langsung merespon laporan tersebut. Remaja berusia 17 tahun tersebut, diindikasikan telah mengalami kelumpuhan sejak dalam kandungan.

Ibu Maysarah, ibunda Safiqpun tidak dapat menutupi rasa harunya karena tidak menyangka Wali Kota Fasha menyambangi kediaman mereka dan memberi bantuan kursi roda yang selama ini diidamkan Safiq. Menurutnya, keterbatasan ekonomi membuat ayahanda Safiq yang hanya seorang buruh, jangankan membeli, bermimpi memiliki saja mereka tidak mampu. Safiq selama ini hanya terbaring tak berdaya. “Alhamdulillah Pak Wali bantu kami kursi roda ni, kami bersyukur nian”. Ujar Ibu Maysarah.

Ternyata tetangga Safiq, terdapat juga anak usia 9 tahun, memiliki penyakit yang sama dengan Safiq. Dikarenakan kursi roda yang diberikan Wali Kota Fasha untuk dewasa, Fasha berjanji akan kembali untuk memberikan kursi roda khusus anak-anak.

Dilokasi kedua, bertempat di RT. 02 Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Jelutung, Wali Kota Fasha menyambangi kediaman Rudiansyah (25 tahun), yang telah menderita kelumpuhan sejak bayi. Rudi, merupakan anak yatim yang sejak kecil telah ditinggalkan oleh ayahnya. Dua bersaudara ini sejak kecil dirawat dan dinafkahi oleh ibunya yang bekerja sebagai tukang cuci harian.

Walaupun dengan kondisi disabilitas, Rudi tidak berpangku tangan. Ia membantu ibunya dirumah berjualan pulsa elektrik. Saat ditanya oleh Wali Kota Fasha apakah bisa baca tulis, Rudi dengan semangat menjawab bisa. Walaupun hanya lulusan SD, namun Rudi memiliki minat baca yang tinggi, oleh karena itu Wali Kota Fasha menyarankan dan mendorong agar Rudi menyalurkan minatnya tersebut supaya diperdalam agar suatu saat Rudi bisa menjadi penulis handal.

Wali Kota Fasha pun meminta agar Camat dan Lurah memasukkan keluarga tersebut dalam Program Keluarga Harapan, dan saudari Rudi yang sedang berkuliah agar di daftarkan juga untuk mendapat bantuan beasiswa Baznas Kota Jambi.

Kepada para warga sekitar, Fasha juga menanyakan tentang kondisi infrastruktur jalan, penerangan, dan lainnya. Terhadap aspirasi ibu-ibu setempat, Wali Kota Fasha menyarankan agar mereka membentuk kelompok usaha bersama home industry. Pemkot akan memfasilitasi permodalan kerja dan peralatan, serta pendampingan manajemen usaha.

Dilokasi terakhir, Wali Kita Fasha menyerahkan bantuan kursi roda kepada Ibu Sumarti (54 Tahun), warga RT 32 Kelurahan Payo Selincah Kecamatan Paal Merah yang telah menderita kelumpuhan sejak 20 tahun lalu. Rasa syukurpun tak hentinya disampaikan oleh dirinya kepada Wali Kota Fasha.
Fasha pun berpesan agar bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan sebaiknya dalam memudahkan aktifitas sehari-hari Ibu Sumiarti.

Dilokasi tersebut, Wali Kota Fasha juga menyempatkan diri untuk mendengar langsung aspirasi warga yang meminta bantuan untuk di bangunkan saluran drainase oleh Pemkot Jambi. “Untuk jalan, wilayah kami sudah dibangun semua oleh Pak Wali, hanya tinggal saluran drainase ini saja Pak.” Ujar salah satu warga. Walikota Fasha pun langsung merespon aspirasi warga tersebut, dan berjanji akan segera merealisasikannya dalam waktu dekat.

SUMBER: BAG. HUMAS SETDA KOTA JAMBI.
 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Program Berbagi Kursi Roda Gratis Walikota Jambi Jadi Ajang Serap Aspirasi Warga

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE