-

Pembangunan Desa Jadi ‘Ujung Tombak’

 Jumat, 27 Juli 2018  | LintasBarat.com |  Dilihat 2736 

·   Sekda Buka Bimtek Kades se-Merangin

MERANGIN -Pembangunan di pedesaan menjadi ‘ujung tombak’ keberhasilan pembangunan sebuah daerah. Untuk itu seo

rang kepala desa harus pandai-pandai berinovasi dalam membangun desanya.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris, melalui Sekda H Sibawaihi saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) kepala desa se-Kabupaten Merangin 2018 pada Rabu (25/7) di Aula Sanghai Hotel Abadi J

ambi.

Bimtek bagi kepala desa tegas Sekda, merupakan wadah silaturahmi, bertukar informasi dan bersinergi dengan sesama kepala desa, ketua Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) dan camat.

Selain itu Bimtek juga merupakan bentuk pemberian wawasan kepada kepala desa untuk membangun desa mandiri, dari desa membangun Indonesia. Dibutuhkan inovasi dan kreativitas kepala desa dalam membangun desa.

 ‘’Mari kita berkomitmen, bahwa keberhasilan pembangunan di Kabupaten Merangin dimulai dengan keberhasilan pembangunan di desa, sebagai ‘ujung tombak’ Pemerintahan,’’ujar Sekda.

Untuk itu lanjut sekda, profesionalisme dan integritas kepala desa, perangkat desa dan BPD sangat penting dalam membangun desa. Kepala desa harus bisa menyatukan langkah, menyamakan cara pandang dalam membangun desa.

‘’Bangun kekompakan dan harmonisasi serta hindari konflik dan arogansi perkuat koordinasi dan komunikasi. Tingkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur Pemerintahan Desa dan BPD,’’pinta Sekda.

Seorang kepala desa tegas sekda lagi, harus peka dan mampu menyerap keinginan masyarakatnya. Diakui sekda, tugas seorang kepala desa saat ini sangat berat, mengingat fokus pembangunan lebih dititikberatkan di pedesaan.

Hal ini tergambar pada besarnya dana desa untuk memacu pembangunan di pedesaan. Pembangunan di pedesaan idealnya berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan.

Kabupaten Merangin pada 2018 mendapat dana desa sebesar Rp. 148,8 miliar. Pemerintah Kabupaten Merangin juga mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp 77,09 miliar.(lb/tgh/hms)

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Pembangunan Desa Jadi ‘Ujung Tombak’

Arsip Berita

Copyright © 2018 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE