-

PBNU Gelar HSN di Tugu Proklamasi, KH Saifuddin Zuhri Terima Anugerah Santri of The Year 2017

 Minggu, 22 Oktober 2017  | LintasBarat.com |  Dilihat 178 

AGAMA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, penetapan Hari Santri pada tanggal 22 Oktober oleh pemerinah adalah sebagai penghargaan, juga peneguhan kepada kaum santri untuk terus dapat menjaga dan memelihara cinta kepada Tanah Air.

"Negara menetapkan Hari Santri, selain sebagai penghargaan juga tanggungjawab nasib bangsa di kemudian hari,"  kata Menag Lukman Hakim Saifuddin usai menghadiri dan membacakan doa pada acara Peringatan Hari Santri yang digelar Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (22/10).

Disampaikan Menag Lukman, hari santri juga merupakan peneguhan kepada kita bersama agar negara tetap senantiasa memegangi agama dalam menjalani kehidupan. Di mana, agama yang menebarkan kedamaian, kerukunan bagi sesama, dan mensejahterakan kita semua.

"Ini juga merupakan peneguhan kepada santri untuk dapat menjaga dan meneguhkan, memelihara agar terus cinta Tanah Air. Karena, santri juga bertanggungjawab menjaga Tanah Air dan bangsa", kata Menag.

Diketahui bersama, santri telah banyak memberikan sumbangsih dan kontribusi kepada bangsa dan negara. Tidak dapat dipungkiri, era golabalisasi dan digitalisasi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial.

"Oleh karenanya, santri harus bisa berinteraksi dan menggunakan internet untuk menyampaikan dakwah dan pesan-pesan Islam rahmatan lil alamin," ujarnya.

"Digitalisasi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial, untuk itu, santri harus bisa berinteraksi, bahkan bisa menggunakan internet untuk kemsalahatan bersama," lanjutnya.

Sementara itu Islam Nusantara Center menyelenggarakan Santri of The Year tahun 2017. Gelaran ini diselenggarakan di Gedung Serba Guna Galeri Nasional, Jakarta, Minggu (22/10).

Mantan Menteri Agama KH Saifuddin Zuhri menerima anugerah sebagai santri mengabdi sepanjang hayat. Piagam penganugerahan diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada perwakilan keluarga.

Hadir pada kesempatan ini, Menristek Dikti Mohammad Nasir,Gubernur DKI Anis Baswedan, Kordinator Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, serta tamu undangan dan para santri.

Gubernur DKI Anis Baswedan mengatakan, saat ini saatnya untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang melawan penjajah. "Generasi orang tua kita dulu berjuang, hari ini kita menikmati perjuangannya. Dulu mereka menghibahkan semua darah, bahkan nyawa untuk Republik ini. Saya rasa ini saatnya kita buktikan bahwa perjuangan mereka akan kita teruskan di masa-masa yang akan datang," ucap Anies.

Santri of The Year 2017 adalah ajang pemberian anugrah bagi kalangan santri. Menurut panitia, event ini bertujuan  menemukan dan menampilkan tokoh yang telah memberikan sumbangsih dan prestasi mereka dalam bentuk gagasan inovatif, serta kerja dan karya  bagi pembangunan bangsa dan negara tercinta ini.

Selain itu, anugerah juga diberikan kepada tokoh atau santri yang mampu membangkitkan motivasi dan dapat memberikan suri tauladan bagi generasi muda serta masyarakat umum untuk lebih giat membangun Bangsa dan Negaranya.

Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober. Hari itu menjadi moment santri seluruh Tanah Air untuk membaca kembali karya-karya keilmuan dan sejarah peran besar ulama-santri dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Berikut ini tokoh – tokoh santri dan pondok pesantren yang terpilih berdasarkan vote terbanyak melalui polling yang dirilis di web Islam Nusantara Center:
1.Penganugerahan Santri Mengabdi Sepanjang Hayat diberikan kepada Saifuddin Zuhri (Mantan Menteri Agama)
2.Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Pendidikan diberikan kepada Prof.Dr. Abd. A’la (Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya)
3.Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Dakwah diberikan kepada KH. Anwar Zahid (Bojonegoro Jawa Timur)

4.Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Seni dan Budaya diberikan kepada Habib Syekh Abdul Qodir Assegaf (Penggiat Seni Sholawat, Solo).
5.Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Wirausaha diberikan kepada Nanang Qosim Yusuf (Master Of Motivator the 7 Awareness, Namten)
6.Penganugerahan Santri Inspiratif Bidang Kepemimpinan Dalam Pemerintahanh diberikan Kepada Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Timur)

7.Penganugerahan Santri Berprestasi Internasional diberikan kepada Izza Nur Layla (Santri Pesantren Nuris Jember, Juara International Kompetisi Agribisnis)
8.Penganugerahan Pahlawan Santri diberikan Kepada KH Bisri Syansuri Denanyar Jombang
9.Penganugerahan Pesantren Salaf Inspiratif diberikan kepada Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

10.Penganugerahan Pesantren Modern Inspiratif diberikan kepada Pesantren Ummul Qurro Al Islami Leuwiliang Bogor
11.Penganugerahan PesantrenEnterpreneur Inspiratif diberikan kepada Pesantren Bisnis Al Hikmah 2 Benda Brebes.

(sumber.kemenag)

 

 

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : PBNU Gelar HSN di Tugu Proklamasi, KH Saifuddin Zuhri Terima Anugerah Santri of The Year 2017

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE