-

Mancing Mania Bungo ( MMB ) Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai

 Sabtu, 14 September 2019  | LintasBarat.com |  Dilihat 176 

KESEHATAN- Sungai merupakan aliran air yang mengalir terus menerus mulai dari hulu menuju ke hilir. Sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup di sekitarnya. Jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka kehidupan di dalam maupun di sepanjang aliran sungai akan terancam.

Saat ini kebersihan sungai di beberapa wilayah sangat memprihatinkan, selain tercemar oleh para Penambang Emas Tanpa Izin (PETI), limbah dari pabrik dan masyarakat yang membuang sampah ke sungai.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Bungo, hampir keseluruhan sungai yang berada di Kabupaten Bungo, Sungai Batang Bungo, Batang Tebo, Batang Jujuhan, Batang Pelepat dan Sungai Mengkuang hampir kesemuanya tercemar dan tidak jernih lagi.Tercemarnya sungai-sungai tersebut akibat ulah manusia yang tidak peduli akan lingkungan dan kebersihan sungai.

Melihat persoalan tersebut, Perkumpulan Mancing Mania Bungo ( MMB) melihat pencemaran sungai di Kabupaten Bungo semakin memperihatinkan. MMB mengajak seluruh masyarakat Bungo untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai, khususnya masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai untuk tidak membuang sampah di aliran sungai.

“ Kita mengajak seluruh masyarakat Bungo untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai, khususnya masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai, untuk tidak membuang sampah ke sungai. limbah rumah tangga salah satu penyumbang terbesar pencemaran sungai yang ada di Kabupaten Bungo,” Ujar Novri Ketua MMB.

Selain itu, salah satu akun di medsos facebook Sutrisno Moncis pada komentarnya saat ia sedang memancing dibawah jembatan, Sutrisno menyaksikan sendiri oknum masyarakat yang membuang sampah dari atas jembatan batang bungo ke sungai.

“ Waktu saya sedang asyik mancing dibawah jembatan batang bungo, tiba-tiba ada yang membuang sampah dari atas jembatan. Hampir saja mengenai kepala saya. Spontan saya langsung membentaknya, dan orang tersebut langsung kabur,” ujar Sutrisno Moncis.

Menyikapi persoalan masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai, Perkumpulan Mancing Mania Bungo (MMB) mengajak masyarakat Bungo untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai. (sty)

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Mancing Mania Bungo ( MMB ) Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai

Arsip Berita

Copyright © 2019 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE