-

Lomba Pacu Perahu Tradisi Turun Temurun Warga Bungo

 Selasa, 5 Agustus 2014  | LintasBarat.com |  Dilihat 2110 

LINTAS BARAT, Kesenian - Salah satu tradisi turun temurun di suasana lebaran di Kabupaten bungo, Provinsi jambi diisi dengan keramaian sederhana berbagai permainan. Dari roda putar terbuat dari kayu, disetiap dusun pasti memiliki roda putar tersebut yang di putar secara manual oleh tenaga manusia. Selain itu permainan olah raga sepak bola anak-anak. Menariknya sepak bola anak-anak ini, para pemain wajib mengunakan rok, dan di dalam baju bagian depan diisi dengan balon. Dan setiap kali music di bunyikan, permainan sepak bola dihentikan, dan para pemain wajib bergoyang mengikuti irama music.

Seperti yang di lakukan oleh warga Dusun Tanjung Lubuk, Simpang Jambi. Selasa(4/8).Para penontonpun ramai melihat permainan tradisional tersebut. Tidak itu saja, yang lebih menarik lagi, yaitu lomba pacu perahu di sungai Batang Tebo Bungo. Selain bias menikmati lucunya permainan sepak bola anak-anak yang lucu dan unik, penonton langsung menikmati lomba pacu perahu.

 Dadang Irianto selaku Pimpinan Perusahaan Lintasbarat.com dan menjadi salah salah satu sponsor pada acara sepakbola lucu dan unik mengatakan, kesenian daerah yang sudah dari dahulu secara turun temurun, wajib kita lestarikan dan terus kita budayakan. Masih banyak kesenian tradisional dari Bungo. Menurut Dadang, di era zaman technology dan budaya asing banyak masuk, bukan tidak menutup kemungkinan budaya asli kita lama kelamaan bisa sirna.

“ Kita selaku putra daerah, wajib menjaga serta melestarikan budaya asli kita. Dan jangan biarkan budaya asing yang merusak generasi kita kedepan, masuk di Kabupaten Bungo,” ujarnya

REPORTER.CAL/LB

 

 

 

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Lomba Pacu Perahu Tradisi Turun Temurun Warga Bungo

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE