-

KPU-Kohati Sepakat Tingkatkan Kualitas Pemilih Perempuan

 Jumat, 27 Juli 2018  | LintasBarat.com |  Dilihat 2744 

POLITIK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima audiensi Korps HMI-Wati (Kohati) di Ruang Operational Room, Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (25/7) sore. Rombongan Kohati yang dipimpin Siti Fatimah menyampaikan keprihatinannya terkait kurangnya keterwakilan perempuan dilembaga legislatif, sementara di Pilkada 2018 lalu tingkat partisipasi pemilih perempuan terbilang tinggi di beberapa daerah.

“Untuk itu, Kohati menyampaikan kesiapannya bersinergi dengan lembaga penyelenggara pemilu untuk mengatasi isu tersebut, baik melalui program sosialisasi maupun pendidikan pemilih,” ujar Fatimah.

Sementara itu KPU yang diwakili Komisioner Evi Novida Ginting serta Viryan menyambut baik dukungan Kohati dalam upayanya meningkatkan partisipasi perempuan didalam pemilu maupun pemilihan. KPU sendiri didalam peraturannya (PKPU) berusaha sejak awal untuk meningkatkan partisipasi perempuan baik sebagai pemilih maupun peserta/calon. “Saat verifikasi pendaftaran dan verifikasi parpol kita berusaha, di undang-undang mewajibkan 30 persen keterwakilan perempuan di DPP tapi tidak wajib di provinsi, kabupaten/kota. Nah kita berusaha supaya ini berlaku juga di provinsi dan kabupaten/kota agar saat ini parpol tidak perlu lagi kesulitan cari kader perempuan, jadi benang merah antar yang diatur diawal dan dihadapi parpol sudah kita atur,” ucap Evi.

Kendati demikian, Evi mengakui jalan yang harus dilalui lembaganya tidak selalu mulus. Untuk itu, dukungan dari organisasi masyarakat seperti Kohati sangat penting dalam mendukung program kerja penyelenggara pemilu.

Evi juga menyarankan, agar kerjasama elemen masyarakat bias dilakukan bisa melalui berbagai cara, salah satunya dengan menggelar diskusi publik bertema partisipasi perempuan dalam pemilu. “Kami tentu menyambut baik. Kita disini ada media center, jadi bisa saja Kohati meminta kepada kita membuat diskusi tentang beberapa topik khususnya perempuan. Selama ini itu (diskusi) selalu berlangsung di KPU, nah kenapa tidak Kohati bisa memanfaatkan itu juga,” pungkasnya. (hupmas kpu bil/foto: dosen/ed diR)

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : KPU-Kohati Sepakat Tingkatkan Kualitas Pemilih Perempuan

Arsip Berita

Copyright © 2018 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE