-

Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlisin: Ada Beberapa Potensi Ancaman dan Kerawanan Pada Pilpres 2019

 Jumat, 7 Desember 2018  | LintasBarat.com |  Dilihat 202 

HUKUM- Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 tinggal 4 bulan lagi. Dan diharapkan akan berlangsung dengan aman, damai, dan demokratis.

Menghadapi Pilpres dan Pileg 2019 semakin mendekat, Polda Jambi sudah sudah menyusun Satgas OMB yang merupakan kesiapan Polri dalam masyarakat dan Ketahanan Nasional menjelang Pemilu 2019.

Persiapan tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS,MH, sebagai narasumber Rakor Pimpinan Daerah Prov.Jambi dan Kabupaten/Kota Se-Prov Jambi di Ballroom Swissbel Hotel Jambi, Kamis (06/12).

Pada acara yang dihadiri Kapolda Jambi didampingi oleh Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Drs Edy Iswanto, Wadir Intelkam Polda Jambi AKBP M. Edi Purwanto Sik dan Koorspri Kapolda Jambi AKBP Guntur S, Sik, MH, dan tampak hadir dalam acara itu Plt. Gubernur Jambi, Kabinda Jambi, Kasrem 042 / gapu, Para Bupati / walikota se-Prov. Jambi, Kapolres / ta jajaran Polda Jambi, Para Nomor Forkopimda Kota dan Kabupaten Se-Prov. Jambi, Ketua KPU Prov. Jambi dan Ketua Bawaslu Prov. Jambi.

Kapolda Jambi memaparkan bahwa menjelang Pemilu 2019, Polda Jambi sudah menyusun Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) merupakan kesiapan Polri dalam Masyarakat dan Ketahanan Nasional menghadapi Pemilu 2019.

Menurut Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlisin AS,MH ada beberapa potensi ancaman dan kerawanan Pilpres 2019 diantaranya politik indetitas yang mempersoalkan masalah SARA ( Suku, Agama dan Ras) merebaknya sikap intoleran, ketidak netralan penyelenggara pemilu serta masalah regulasi pemilu. Serta peran serta Media sosial juga sangatlah penting, karena perkembangan yang buruk dapat menimbulkan perpecahan,  provokatif, hatespeech, ujaran kebencian, penyiaran berita yang hoax yang dapat memfungsikan konflik horisontal antar masyarakat. yang dapat memecah belah persatuan.

“ ada beberapa potensi ancaman dan kerawanan pada Pilres 2019. Seperti potensi adanya politik identitas yang mempersoalkan masalah SARA, merebaknya sikap intoleran, ketidak netralan penyelenggara pemilu, masalh regulasi pemilu, serta peran medsos yang dipergunakan ke arah negatif dan menimbulkan perpecahan, provokatif dan hatespeech, ujaran kebencian, penyiaran berita yang hoax yang dapat memfungsikan konflik horisontal antar masyarakat.. Potensi tersebut dapat memecah bela persatuan,” ujar Irjen Pol Drs Muchlisin AS,MH.

(faisal kontributor jambi)

 

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlisin: Ada Beberapa Potensi Ancaman dan Kerawanan Pada Pilpres 2019

Arsip Berita

Copyright © 2019 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE