-

Kamu Bisa Panen Tanaman dari 5 Barang Ini Selesai Dipakai!

 Minggu, 24 September 2017  | LintasBarat.com |  Dilihat 130 

TEKNOLOGI- Inovasi teknologi di bidang produksi barang-barang yang ramah lingkungan berkembang pesat dekade ini. Banyak hal ditemukan dan sudah diaplikasikan untuk membuat lingkungan tempat kita tinggal lebih nyaman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Hal-hal yang ramah lingkungan dan berkelanjutan pun merambah ke alat-alat yang kita pakai sehari-hari dan secara unik dapat digunakan lagi untuk memberikan makanan untuk kita. Seperti beberapa barang berikut ini.

Pensil ajaib plantable pencil

Siapa yang tahu kalau alat tulis yang terbuat dari kayu dan karbon ini bisa ditanam? Yap, pensil yang pertama kali diproduksi dan dijual oleh SproutWorld di Musim Panas tahun 2013  ini bisa menghasilkan berbagai jenis tanaman, lhoDari sebatang pensil ini, kita tidak hanya bisa menggunakannya untuk menulis atau menggambar sketsa dengan nyaris sempurna, well, tentu saja kalau menggambar sketsa menggunakan pensil ini tetap harus ada skill juga, ya!

Tapi, sudah dipastikan semua orang bisa menumbuhkan berbagai bunga, tanaman obat, sayuran sampai aneka buah-buahan dengan menanam pensil ini ketika sudah tidak dipakai! Inovasi ini ditemukan oleh mahasiswa dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, yang memiliki ide untuk menciptakan alat tulis kantor yang dapat digunakan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan, sehingga alat tulis masih tetap bisa dimanfaatkan meskipun sudah tidak terpakai. Berangkat dari ide inilah akhirnya tercipta pensil yang dapat terurai dan mengandung benih tanaman tertentu yang dapat tumbuh. Kamu juga bisa tau pensil tersebut akan tumbuh menjadi tanaman apa, karena di bagian bawah pensilnya sendiri sudah tertera nama tanamannya.

Bungkus atau kertas kemasan

Kebanyakan kita akan membuang bungkus kemasan setelah tidak digunakan, seperti bungkus makanan, minuman, sabun, atau bungkus yang lainnya. Tapi, beda ceritanya dengan bungkus produk yang dapat ditanam (plantable packaging) ini. Saat membuang bungkus produk ini ke lingkungan, dia tidak akan jadi sekadar sampah, tapi juga bisa tumbuh karena mengandung biji tanaman, lho. Teknologi ini sudah diterapkan oleh beberapa brand produk pangan maupun non-pangan, salah satunya seperti bungkus makanan cepat saji sekali pakai buatan desainer asal Slovakia, Michael Marko. Ia membuat bungkus cepat saji dalam bentuk mangkuk dan pada bagian segel bungkus terdapat biji tanaman yang dapat ditanam bersamaan dengan bungkus mangkuk tadi ke dalam tanah. Dalam kurun waktu tertentu bungkus mangkuk akan terurai sendiri dan biji akan tumbuh menjadi tanaman. Zero waste bukan sekadar angan. Keren, kan?

Tanaman tumbuh dari kertas?

Botanical PaperWorks-lah rahasia dibalik keajaiban berbagai jenis kertas yang dapat tumbuh setelah tidak terpakai. Apa yang diambil dari alam bisa dikembalikan lagi ke alam. Kertas cetak (printed-paper), khususnya yang diproduksi Botanical PaperWorks adalah jenis printed-paper untuk undangan pernikahan dan kartu ucapan cantik yang mengandung berbagai biji tanaman. Jadi, kamu bisa cetak sebanyak mungkin kertas untuk berbagi momen apapun dan tetap ramah kepada lingkungan. Bebas rasa bersalah karena harus menggunakan printed paper untuk bikin undangan atau kartu ucapan, kan?

Buku bisa jadi pohon?

Ide luar biasa menanam pohon dengan buku yang sudah selesai kita baca ini berjudul “Mi Papá Estuvo en la Selva,” atau yang berarti “Ayahku Berkunjung ke Hutan,” yang diterbitkan oleh Pequeño Editor. Ia membuat buku anak-anak ini secara handmade dari kertas yang bebas dari kandungan zat asam, tinta yang ramah lingkungan, dan tentu saja biji pohon Jacaranda, yaitu sejenis pohon Bignoniaceae yang dapat berbunga dan tumbuh di daerah tropis dan subtropis Meksiko. Jadi, anak-anak tidak hanya diajarkan mengenai lingkungan, hutan hujan, dan berbagai hal yang berkaitan agar anak-anak dapat menghormati semua makhluk hidup dalam satu buku bacaan, tetapi juga bisa langsung praktik menanam pohon setelah membaca bukunya. Manis sekali, ya!

Lolipop rasa tanaman?

Ini dia produk yang baru saja muncul di pertengahan tahun 2017, Amborella Lollipop. Lolipop dua rasa dengan varian rasa dasar seperti Lemon & Thyme, Vanilla & Hibiscus, Peach & Marigold serta varian unik lainnya yang diciptakan oleh Brennan Clarke. Ia menggabungkan biji tanaman yang disematkan ke dalam stik lolipop yang terbuat dari kertas dan bisa terurai bersamaan ketika kertas stik lolipop ditanam, dan dapat tumbuh tanaman sesuai rasa lolipop yang kita makan. Wah, seperti apa ya kira-kira?

Jadi, kalau kamu bisa coba satu dari produk ramah lingkungan di atas, produk mana yang ingin kamu coba lebih dulu?

Sumber. shopback.co.id

Featured image: designoftheworld.com

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Kamu Bisa Panen Tanaman dari 5 Barang Ini Selesai Dipakai!

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE