-

Kabut Menebal, Diskes Bungo Siap Bagikan Masker

 Kamis, 18 September 2014  | LintasBarat.com |  Dilihat 2168 

LINTAS BARAT, Kesehatan - Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo siap membagikan masker kepada masyarakat Bungo,  jika kondisi udara di wilayah Kabupaten  Bungo  sudah membahayakan kesehatan.

Dikatakan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Hj.Deni Silvia ketika di konfirmasi LB masih terkai kabut asap (17/09)

“’ Kita siap membagikan masker dengan masyarakat , jika kondisi udara sudah tak sehat lagi, kalau kondisinya terus  memburuk kita akan langsung bagikan,”ujarnya

Dikatakanya juga, saat ini pihaknya masih menunggu pemberitahuan secara resmi oleh itansi terkait tentang kualitas udara di Kabupaten Bungo . dan kita juga akan mengambil langkah-langkah antisipasi mengurangi bahaya yang dfi sebabkan oleh kabut asap. Tindakan tersebut untuk mencegah timbulya penyakit ISPA , radang tenggorokan, batuk ,sesak nafas dan penyakit lainya yang disebabkan oleh kabut asap.

“ Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo juga menghimbau masyarakat  bungo untuk lebih waspada dengan kondisi cuaca dan udara saat ini yang cukup memperihatinkan, jika ingin berpergian keluar rumah, hendaknya menggunakan masker untuk pelindung dari polusi udara yang menggangu kesehatan tubuh,”ujar Hj.Deni Selvia

Kepala dinas (BPBD) Tommy Usman  menjelaskan,  satelit Teraa dan Aqua Badan Meteorologi, Klimatologi dan geografisika (BMKG) mendeteksi ada 399 hotspot di Sumatra, dari jumlah tersebut, 257 terdapat di Sumatra Selatan dan Jambi 38 titik, sedangkan Kabupaten Bungo terdapat 5 titik api dalam dua minggu ini. Adapun lokasi yang di maksud Tommy Usman ialah Kecamatan Tanah Tumbuh. Sekitar pukul  12 siang kemarin, langsung mendapatkan laporan telah terjadi kebakaran lahan.

Maraknya hotspot ini mkenyebabkan Visibility (jarak pandang) terganggu. Terutama di daerah dimana asap mengarah. Seperti  beberapa hari sebelumya kabut asap dari Sumatra Selatan mengarah ke Jambi dan Riau. Hal ini menyebabkan Kabupaten Bungo juga  merasakan dampaknya, akibat kiriman  kabut asap, Bungo sampai hari ini masih diselimuti kabut asap serta menggangu jarak pandang dan juga aktifitas penerbangan bandara bungo.

Selanjutya, Tommy Usman menyatakan kepada LB . kesiapanya untuk memburu segala titik api yang berada di Kabupaten Bungo  dengan harapan kedepanya wilayah Kabupaten Bungo bebas dari polusi udara.

“ Ya, kita sudah siap kapan pun  jika di perlukan dan selalu sigap jika ada laporan yang masuk ke kami dan kami akan cepat menanganinya,’’ Tegas Tommy

TIM/LB

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Kabut Menebal, Diskes Bungo Siap Bagikan Masker

Arsip Berita

Copyright © 2021 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE