-

Kabupaten Merangin Gelar Festival Batu Terbesar di Sumatera

 Selasa, 3 Maret 2015  | LintasBarat.com |  Dilihat 1322 

LINTAS BARAT -Kabupaten Merangin akan menjadi tuan rumah pada Festival Batu Akik dan Pameran Batu Sungaki terbesar di Sumatera. Hajatan akbar itu akan digelar mulai Minggu (8/3) di eks terminal bus Bangko.

Dikatakan Bupati Merangin H Al Haris, Festival Batu Akik dan Pameran Batu Sungaki tersebut, rencananya akan diikuti peserta dari Aceh, Pekanbaru, Padang, Lampung, Bengkulu dan Palembang.

 ‘’Kita ingin memberikan wadah penyaluran batu akik dan batu sungkai bagi para pengrajin maupun pecinta batu yang memang marak di Kabupaten Merangin,’’ujar Bupati sebagaimana disampaikan Kabag Humas Thaher kemarin (2/3).

Festival batu Akik dan pameran batu sungaki yang akan berlangsung sekitar sepekan tersebut, dipastikan bakal seru dan meriah. Hingga sore kemarin (2/3) sudah 50 stand pameran dipastikan terisi dari ratusan stand yang disediakan panitia.

Sedangkan untuk festival telah terdaftar ratusan peserta. Untuk menguji kualitas batu yang bakal difestivalkan,  panitia akan mendatangkan tim laboratorium penguji batu dari Laboratorium ACC Pusat.

Ketua Panitia Festival Batu Akik dan Pameran Batu Sungaki H Sobirin mengharapkan dukungan sepenuhnya para pecinta batu akik dan batu sungkai di Kabupaten Merangin khususnya dan Provinsi Jambi pada  umumnya.

‘’Ini tidak hanya hajatan Kabupaten Merangin, tapi Provinsi Jambi. Kita sangat berterimakasih kepada Bupati Merangin yang memberikan wadah spektakuler ini,’’ujar H Sobirin kemarin (2/3).

Festival Batu Akik dan Pameran Batu Sungaki itu jelas H Sobirin, akan merebutkan hadiah satu unit sepeda motor, uang pembinaan, tropy dan piagam bergensi. Batu peserta yang menang juga akan disertifikatkan.

Sementara itu Ketua Komunitas Batu Akik Merangin Dedy Darmantias mengaku sangat senang dengan digelarnya festival batu akik dan pameran batu sungaki se-Sumatera tersebut.

‘’Seluruh anggota Komunitas Batu Akik Merangin akan ikut pada festival ini. Kami akan menonjolkan batu khas Merangin pada ajang ini, sehingga orang akan mengenal batu-batu Merangin,’’terang Dedy.

Menariknya dengan digelarnya festival batu akik dan pameran batu sungkai itu, bupati langsung mendefenitifkan eks terminal bus Bangko, menjadi Pasar Batu Akik dan Batu Sungkai Merangin. (hen/teguh/humas)

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Kabupaten Merangin Gelar Festival Batu Terbesar di Sumatera

Arsip Berita

Copyright © 2018 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE