-

Hj. Rohimah Fachrori Ajak Kader TP-PKK Peduli Terhadap Kesehatan Wanita Agar Terhindar Dari Kanker

 Jumat, 13 Mei 2016  | LintasBarat.com |  Dilihat 898 

LINTAS BARAT - Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Jambi yamg juga Ketua Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jambi  Hj. Rohimah Fachrori Umar mengharapkan kepada seluruh anggota Tim Penggerak PKK untuk peduli terhadap kesehatan perempuan khususnya yang menyangkut Kanker Leher Rahim dan kanker payudara,harapan demikian disampaikannya ,Saat membuka secara resmi Sosialisasi dan Program Pengendalian Kanker, yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi bersama TP-PKK Provinsi Jambi bertempat di Ruang Datuk Berhalo Hotel Novita, Rabu (11/05/2016).

Adapun Tema dari Sosialisasi dan Advokasi Program Pengendalian Kanker yaitu " Dengan Melakukan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara Berarti Kita Sudah Berperan Serta Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan Indonesia "

Dalam sambutan dan arahannya Hj. Rohimah Fachrori menjelaskan, kegiatan sosialisasi dan advokasi pengendalian kanker merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) kabinet kerja yang dipimpin oleh Ibu Presiden RI Ibu Iriana Joko Widodo, Program ini berlangsung selama lima tahun (2015-2020).

Dikatakan Hj. Rohimah, Badan Kesehatan Dunia (WHO), telah mencatat kaum perempuan yang sangat rentan dan mudah terserang kanker yang umumnya adalah kanker leher rahim dan kanker payudara dan menurut Komite Penanggulangan Kanker Indonesia telah terjadi satu orang meninggal setiap jamnya akibat kanker." Kondisi seperti ini memperlihatkan bahwa banyak perempuan khususnya di Indonesia kurang mendapatkan informasi dan akses pelayanan terhadap penyakit seperti kanker," ungkap Hj. Rohimah

Hj. Rohimah juga mengakui bahwa saat ini banyak perempuan Indonesia yang tidak mengetahui kesehatan organ wanita, sehingga banyak masyarakat yang terkena kanker leher rahim dan kanker payudara, jika ditemukan secara dini dapat disembuhkan secara tuntas.

Dikatakan juga oleh Hj. Rohimah, berdasarkan Informasi yang didapat pengetahuan Ibu-ibu yang kurang mengetahui kesehatan organ wanita." Untuk itu saya menghimbau seluruh Ibu-ibu anggota tim Penggerak PKK Kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dan seluruh perempuan mulai saat ini untuk peduli terhadap kesehatan perempuan khususnya yang menyangkut kanker leher rahim dan kanker payudara." Himbau Hj. Rohimah

Dijelaskan Hj. Rohimah, upaya pencegahan sangat utama dan terpenting bisa dilakukan. Dengan deteksi sedini mungkin dapat dilakukan pada tingkat puskesmas dengan pelayanan ispeksi visual asam asetat (IVA), kegiatan ini dilakukan secara sederhana dan dalam waktu singkat.

Selain itu Hj. Rohimah mengajak seluruh peserta untuk mengikuti dengan sunguh-sunguh dalam mengikuti acara tersebut" Sosialisasi dan Program pengendalian Kanker ini banyak sekali manfaat bagi kita Ibu-ibu terutama yang masih muda-muda jangan kita sampai tidak mengetahui gejala-gejala dan penyebab kanker, itu sangat perlu diketahui oleh Ibu-ibu," ajak Hj. Rohimah.

Hj. Rohimah sangat mengharapkan kegiatan pencegahan dan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara dapat dilakukan di seluruh Kabupaten/kota yang berkerja sama dengan Tim Penggerak PKK dengan tujuan utama yaitu  untuk  bisa menurunkan resiko terjadinya kanker pada perempuan di setiap daerah di provinsi jambi.

Selain itu Laporan Ketua Pelaksana Wevi, Am. Kep menyampaikan, Upaya dinas kesehatan selalu berupaya ini untuk menanggulangi berbagai bentuk penyakit yang ada ditengah mansyarakat serta pencegahan sedini mungkin.

Tujuan sosialisasi ini agar mendapat dukungan penuh dari pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten/kota Seprovinsi Jambi dalam melakukan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan payudara serta dukungan dari tim pengerak PKK kabupaten/kota se-provinsi jambi agar ikut mensosialisasikan ke masyarakat.

Sebagai pembicara pada kesempatan ini Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan Konsultan Kanker Kandungan Bedah Laparoskopi Ginekologi Dr. H. Rudy Gunawan, SpOG, K.ONK, DMAS, FICRS.

Pada kesempatan ini juga diadakan sesi tanya jawab tentang pencegahan sedini mungkin Kanker pada perempuan. Yang dipandulangsung oleh Dr. Rudy Gunawan.

Turut serta pada kesempatan ini anggota TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, dinas kesehatan Kabupaten/kota se-provinsi Jambi serta para undangan lainnya.(lb/hms)

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Hj. Rohimah Fachrori Ajak Kader TP-PKK Peduli Terhadap Kesehatan Wanita Agar Terhindar Dari Kanker

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE