-

GP Ansor Minta Pemkab Tegas p-Terkait Kerusakan Kebun Warga Oleh PT KIM

 Senin, 16 Desember 2013  | LintasBarat.com |  Dilihat 1931 

MUARA BUNGO - Belum adanya perkembangan konkrit penyelesaian kasus kerusakan belasan hektar kebun karet warga oleh aktivitas penambangan PT Kuansing Inti Makmur (KIM) di dusun Tanjung Belit, Jujuhan, mendapat sorotan dari Gerakan Pemuda Ansor, Bungo. Ansor menilai Pemkab Bungo lamban menangani persoalan yang sebenarnya sudah jelas permasalahannya.

Ketua GP Ansor Bungo, Agus Salim kepada harian ini mengungkapkan kekecewaannya terhadap sikap Pemda Bungo. Dia menilai, seharusnya dengan bukti kerusakan lahan yang dilakukan oleh perusahaan tambang batubara itu, Pemkab Bungo seharusnya segera mengambil langkah tegas, seperti menghentikan sementara (moratorium) aktivtas penambangan sebelum adanya penyelesaian permasalahan tersebut sesuai dengan rekomendasi DPRD Bungo.

"Kerusakannya sudah jelas, bahkan tim dari Pemkab Bungo yang diturunkan juga telah melihat langsung, membenarkan dan telah diambil kesimpulan bahwa benar kerusakan itu ditimbulkan akibat kegiatan tambang PT KIM yang tidak ramah lingkungan.

Kita minta Pemkab tegas terkait persoalan ini," ujar ketua GP Ansor Bungo, Agus Salim, Senin (16/12). Menurutnya, kerusakan kebun warga oleh aktivitas tambang batubara secepatnya disikapi oleh Pemkab Bungo, karena dia menilai, persoalan seperti ini sangat rentan terjadi konflik ditingkat bawah.

Apalagi kebun karet ini merupakan mata pencarian utama warga di dusun Tanjung Belit. "Jangan sampai masyarakat mengambil tindakan yang bisa berakibat kurang baik, karena ini sangat sensitif siapapun orangnya yang menjadi korban keangkuhan perusahaan.

Selain telah merusak belasan hektar kebun karet warga, penutupan tiga anak sungai yang dilakukan oleh PT KIM jelas-jelas menyalahi aturan penambangan dan mengancam lingkungan hidup masyarakat disekitar".Pungkas Agus diamini Faul Kepala Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Bungo. REPORTER. STY/LB

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : GP Ansor Minta Pemkab Tegas p-Terkait Kerusakan Kebun Warga Oleh PT KIM

Arsip Berita

Copyright © 2022 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE