-

dr.H. Safarudin M.MPH, Ingatkan Warga Muara Bungo Waspadai virus MERS

 Minggu, 11 Mei 2014  | LintasBarat.com |  Dilihat 3886 

LINTAS BARAT. Kesehatan - Middle East Respiratory Syndrome ( MERS ) adalah penyakit virus pernapasan yang pertama kali dilaporkan terjadi di Arab Saudi pada tahun 2012 . Hal ini disebabkan oleh coronavirus yang disebut MERS – COV . Kebanyakan orang yang telah dikonfirmasi memiliki infeksi MERS – COV memilik tanda-tanda penyakit pernapasan akut parah. Gejala yang dialami adalah demam , batuk , dan sesak napas. Sekitar 30 % dari orang-orang terkena MERS ini meninggal.

Sejauh ini, semua kasus MERS dikaitkan dengan enam negara dekat Semenanjung Arab. Virus ini telah menyebar dari orang sakit ke orang lain. Namun, virus ini belum terbukti menyebar dengan cara yang spesifik. Meski sumber perta,ma MERS masih belum diketahui, tetapi para ilmuwan menduga kuat penyakit ini berasal dari unta. Penelitian mengomfirmasikan unta dan keleawar di Artab Saudi positif memiliki virus MERS.

Spekulasi lain yang tyerdapat dikalangan para peneliti mkenyebutkan, selain kelelawar, unta juga diduga kuat berkaitan dengan asal mula penyebaran virus Corona, dimana ditemukan antibody terhadap virus ini dalam tubuh hewan khas Timur tengah tersebut. Direktur RSUD H.Hanafie Muara Bungo dr H.Safarudin Matondang,MPH, Minggu (11/5) ketika di komfirmasi apakah RSUD H.Hanafie pernah merawat pasien terjangkit virus MERS, dr Safarudin mengatakan, Alhamdulillah sampai saat ini kita belum pernah merawat pasien terjangkit virus MERS yang berbahaya.

Dr Safarudin Matondang,MPH juga menjelaskan, Sindrom pernafasan timur tengah (middle east respiratory syndrome)penyebabnya CoV(corona virus) menular antar manusia juga hewan.Dengan cara kontak dekat  Di himbau agar menggunakan masker, juga selalu cuci tangan pake sabun. Mereka yang terkena gejala virus MERS yaitu demam, batuk, seperti flu bisa juga diare,sesak nafas. Dugaan sementara menurut ilmuwan virus MERS berasal dari binatang unta dan kelelawar. ” Yang jelas selalu jaga kondisi fisik,makan teratur,istirahat teratur,konsumsi multi vitamin. Kita harapkan virus MERS ini tidak sampai ke Kabupaten Bungo,” ujar Dirrektur RSUD H.Hanafie Muara Bungo dr.H. Safarudin Matondang, MPH

REPORTER.STY/LB

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : dr.H. Safarudin M.MPH, Ingatkan Warga Muara Bungo Waspadai virus MERS

Arsip Berita

Copyright © 2021 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE