-

Dewan Pers: Eksplorasi Program Caleg Jika Terpilih

 Minggu, 9 Februari 2014  | LintasBarat.com |  Dilihat 2439 

LINTAS BARAT, Nasional - Ketua Dewan Pers Bagir Manan mengajak wartawan agar lebih mengeksplorasi visi dan misi serta program calon anggota legislatif jika terpilih pada Pemilu 2014.

"Wartawan agar mengeksplor rencana program caleg agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan cerdas," katanya saat lokakarya dalam rangka Hari Pers Nasional di Bengkulu, Jumat (7/2/2014).

Lokakarya tersebut mengambil tema "Mewujudkan Indonesia informatif melalui literasi media dalam membaca berita kampanye pemilu dan manfaat media sosial" diikuti para insan pers dan mahasiswa.

Media massa menurutnya memiliki peran penting dalam mencerdaskan sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

Namun, saat ini kata dia, wartawan lebih banyak mempublikasi siapa calegnya, mengapa menjadi menjadi caleg daerah dan bukan pusat, serta kecenderungan dinasti politik.

"Jangan hanya menonjolkan siapa, tapi eksplorasi apa yang akan dilakukannya jika terpilih," tambahnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr Soetomo Priyambodo yang juga menjadi pemateri dalam lokakarya itu mengatakan bahwa publikasi media terhadap jejak rekam caleg dapat menjadi panduan bagi pemilih untuk memilih caleg yang berkualitas.

"Kalau dalam bentuk iklan semua akan menyebut paling bagus, tapi kalau diwawancara tentang program kerjanya akan membantu masyarakat menentukan pilihan," ucapnya.

Menurut dia, selama ini media massa dalam peliputan calon anggota legislatif lebih bertumpu pada personal caleg, bukan menjabarkan visi dan misi serta program kerjanya.

Sementara Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka yang hadir dalam acara itu mengatakan masih banyak tugas yang belum tuntas, sehingga ia kembali mencalonkan diri pada Pemilu Legislatif 2014.

"Masih banyak pekerjaan yang belum tuntas, seperti pembahasan revisi UU nomor 39 tahun 2004 tentang TKI di Luar Negeri yang saat ini dibekukan sementara, karena rawan jadi bahan jual beli," kilahnya.

Selain itu, politisi PDIP ini juga menambahkan kebijakan lain yang belum tuntas seperti Rencana Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, RUU Kebidanan, RUU Keperawatan dan revisi tentang UU Ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, jika terpilih kembali sebagai wakil rakyat pada 2014 akan memperjuangkan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Media.

"Sebab profesi ini spesialis baik dari jam kerja, risiko pekerjaan dan lainnya," ujarnya. 

SUMBER. HPN INDONESIA/LB  POTO LB

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Dewan Pers: Eksplorasi Program Caleg Jika Terpilih

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE