-

Bambang Soesatyo : Tuntutan Mahasiswa Sudah Kita Penuhi

 Kamis, 26 September 2019  | LintasBarat.com |  Dilihat 720 

PERISTIWA -  Aksi unjuk rasa mahasiswa serentak di seluruh Indonesia menolak menolak aturan yang dianggap tidak pro-rakyat. Tuntutan mahasiswa tolak revisi UU KPK,RUU KUHP mahasiswa menilai DPR cederai amanat reformasi. Tuntutanpun meluas mahasiswa juga menolak beberapa RUU Kontroversial: RUU Pertanahan, RUU Ketenagakerjaan, RUU Minerba dan RUU Pemasyarakatan.

Pada Selasa (24/9/2019). Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus bergerak. Mereka menolak aturan yang dianggap tidak pro-rakyat. Ribuan mahasiswa mengepung gedung parlemen DPR RI, pada aksi tersebut terjadi bentrokan antara petugas kepolisian dan para demonstran.

Tidak saja aksi demo terjadi di depan gedung DPR RI, aksi demo mahasiswa juga terjadi di seluruh wilayah Tanah Air. Aksi demo mahasiswa kali ini menjadi sejarah baru, dalam waktu dua hari, mahasiswa serentak mengelar aksi demo di semua daerah.

Aksi unjuk rasa mahasiswa membuahkan hasil, DPR pada Selasa 24 September 2019, menyetujui permintaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menunda pengesahan empat rancangan undang-undang, yakni RUU KUHP, RUU Pemasyarakatan, RUU Minerba, dan RUU Pertanahan.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, melalui Badan Musyawarah (Bamus) pada 23 September 2019, dan forum lobi, DPR sepakat untuk menunda pengesahan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan. DPR dan pemerintah memiliki waktu untuk mengkaji dan sosialisasi RUU tersebut agar diterima masyarakat.

Soal tuntutan mahasiswa lain soal pembatalan pengesahan sejumlah RUU kontroversial, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan DPR dan pemerintah sudah merealisasikannya. Meski begitu, sidang paripurna DPR kemarin, Selasa (24/9), hanya menunda pengesahan beberapa RUU itu, bukan membatalkannya.

"Sudah kita penuhi semua rancangan UU yang diminta oleh para mahasiswa. Sudah kita tunda pembahasannya sehingga tidak ada lagi yang harus disampaikan aspirasinya," sebut Bambang Soesatyo.

Penundaan pengesahan beberapa RUU itu, disebutnya, hingga waktu yang tidak ditentukan. Bila tidak bisa selesai di masa periode DPR 2014-2019, bisa dibahas pada periode selanjutnya yang akan dilantik pada 1 Oktober mendatang. (ful/*)

 

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Bambang Soesatyo : Tuntutan Mahasiswa Sudah Kita Penuhi

Arsip Berita

Copyright © 2021 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE