-

Audiensi Komisi I DPRD Merangin dan Pansel Satpol-PP Nyaris Bentrok

 Jumat, 24 April 2015  | LintasBarat.com |  Dilihat 1558 

NLB - Sepertinya gejolak terkait pengrekrutan tenaga honorer Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kabupaten Merangin, berujung memanas.

Pasalnya, dalam audiensi antara pihak Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan pihak Pemkab Merangin yang dihadiri pihak Panitia Seleksi (Pansel) Satpo-PP, beserta Kabag Hukum dan pihak BKD dan Inspektorat Merangin, yang dilaksakan di ruang pola DPRD Merangin, pada Senin (20/4) kemarin, Nyaris bentrok.

Bahkan pihak komisi I DPRD Merangin menilai ada beberapa kejanggalan dalam pengrekrutan tenaga honorer Satpol-PP Merangin tersebut, diataranya terkait lamanya waktu pelaksanaan tes Satpol-PP Merangin sampai menelan waktu selam sembilan bulan.

Bukan hanya itu saja, pihak pimpinan Komisi I beserta anggota juga mempertanyakan terkait Surat Keterangan (SK) Bupati Merangin menyalahi prosedur. Pasalnya, berdasarkan SK Bupati Merangin tersebut berakhir pada bulan Agustus tahun 2014 yang lalu.

Sementara, untuk proses seleksi tes terhadap Satpol-PP Merangin belum selesai dan sampai memasuki bulan Maret tahun 2015, seharusnya SK tersebut harus diperpanjang. Namun ternyata pada kenyataannya SK yang dikeluarkan pihak Satpol-PP di dalam surat tersebut tercantum nama Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Merangin dan (BERSAMBUNG)beserta Tim lainnya.

" Menurut analisa kami, penerimaan tenaga honorer Satpo-PP Merangin salah prosedur. Karna menurut logika kita SK tersebut kurang patut dan tidak layak Kasat PolPP meng SK kan Bupati, Wabup dan Sekda Merangin," ungkap Ketua Komisi I DPRD Merangin Heri S.Mohza, saat di wawancarai sejumlah wartawan, Senin (20/4) sore kemarin.

Dikatakannya, besok (hari ini red) berdasarkan kesepakatan bersama, Ketua DPRD Merangin akan mengundang Bupati, Wabup, Sekda dan besrta Pansel Satpol-PP dan Tim lainnya untuk datang ke DPRD Merangin, guna menyelesaikan terkait permasalah ini.

" Dengan kesepakatan bersama, pimipinan Ketua DPRD Merangin besok (Hari ini red) akan mengundang Bupati, Wabup, sekda dan intansi terkait, secara serius akan meluruskan masalah ini. Karna jangan sampai nanti ada pihak-pihak lain yang di korbankan," ujarnya.

Ketika ditanya apakah pengumuman tes Pantohir Sat-PolPP yang diumumkan pada pekan lalu dibatalkan?.

" Kalau memang nanti analisa dan kesepakatan pihak DPR sampai keputusan hal ini harus batal, iya harus dibatalkan, yang jelas ini menyangkut kepentingan daerah. Bahkan berkemungkinan ini bisa terajadi, yang jelas kita tidak melanggar ketentuan yang ada," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kabupaten Merangin Ramli, meminta tempo selama dua hari kepada pihak Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Meranigin, untuk berkoordinasi ke Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait tuntutan pihak komisi satu untuk pembatalan terhadap rekrutmen Satpol-PP.

Hal ini guna mencari titik temu dalam pengrekrutan Satpol-PP bersama anggota Komisi I DPRD bersama aktivis Forum Merangin Mengugat (FMM).

" Saya hanya meminta tempo dua hari, untuk berkoordinasi ke pihak BPK terkait tuntutan komisi satu atas membatalkan penerimaan tenaga kontrak Satpol-PP," ungkap Kasat.

Kalau menurut BPK sebut Kasat harus di batalkan dalam pengrekrutan Satpol-PP ini, selaku Kasat Sat-polPP Merangin akan memenuhi tututan Komisi I tersebut.

" Tujuannya berkoordinasi BPK, menyangkut persoalan anggaran selama proses penerimaan Satpol-PP berlangsung," jelasnya.

Dikatakan Kasat, untuk mempercepat proses tersebut, sebagai Kepala Satpol-PP akan bertolak ke Jambi sore ini supaya secepat mungkin mendapat informasi dari pihak BPK.

" Hari ini saya berangkat kejambi untuk berkoordinasi ke BPK, agar mendapat petunjuk untuk kami," pungkas Kasat.

Untuk di ketahui, dalam audiensi antara pihak Komisi I bersama Pansel Sat-PolPP Merangin, nyaris terjadi baku hantam antara anggota Komisi I DPRD Merangin, yakni Sumardi dengan Kabag Hukum Zainul dalam mencari titik temu dalam persoalan tersebut.(jd/nlb)

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Audiensi Komisi I DPRD Merangin dan Pansel Satpol-PP Nyaris Bentrok

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE