-

Aparatur Pemerintah Bungo Sukses Bertani Cabe

 Rabu, 22 Januari 2014  | LintasBarat.com |  Dilihat 3202 

LINTAS BARAT, Bungo - Di indonesia, cabe sangat diminati sebagai bumbu masak, karena cabe sangat menggugah selera makan. Sehingga cabe menjadi bagian penting dari masakan indonesia. Oleh karena itu cara menanam cabe perlu pelajari untuk bisnis cabe yang menggiurkan. Patut dicontoh dan mendapat acungan jempol, apa yang dilakukan oleh Asisten II pemkab Bungo Budi Hartono. Di sela-sela kesibukanya sebagai aparatur Pemerintah Kabupaten Bungo, Budi Hartono biasa di panggil Mas Budi memiliki hobby bertani cabe.

Lintasbarat.com dengan sengaja menyabangi Mas Budi di perkebunan cabe miliknya yang berada di kelurahan Sarana Jaya, Kecamatan Bathin III kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Kebun seluas 1,8 Hektar berdiri tidak jauh dari jalan Lintas Sumatera. Dari kejauhan terlihat pohon cabe dengan buah cabe yang segar di pohonya menanti untuk di panen. Saat LB mejumpai Mas Budi dan disaat bersamaan Ketua KPU Bungo juga berada di kebun cabe milik Mas Budi. Dari keterangan mas Budi yang juga Ketua kelompok Tani Pangudi Rezeki, dirinya memulai menanam cabe pada bulan September 2013 dan direncanakan panen pada bulan January 2013. “ Insyallah hari ini 22-01-2014 kita panen perdana, rencananya Bupati Bungo H sudirman Zaini SH,MH langsung yang menghadiri panen perdana cabe kita”. Ujar Budi Hartono.

Ditambahkan oleh Mas Budi, berkebun cabe saat ini merupakan salah satu alternative masyarakat Bungo dalam menyikapi persoalan murahnya harga karet dan sawit, keuletan dan telaten memang dibutuhkan dalam perawatan bertanan cabe. “ menanan cabe tidak semudah yang kita bayangkan, butuh ketekunan dalam perawatan. Memberikan pupuk serta pemeliharaan setiap hari, untuk mencapai hasil buah cabe yang sempurna”. Ujar Budi Hartono

Bahkan Mas Budi memberikan tips cara menanan cabe kepada lintas barat Berikut langkah-langkah cara menanam cabe Pemilihan bibit cabe Pemilihan bibit cabe yang perlu di lakukan adalah : - Tentukan jenis cabe yang akan di tanam misalkan : cabe rawit,cabe panjang,cabe merah - Pilih bibit cabe yang segar - Kupas cabe lalu ambil biji nya selanjutnya di jemur terik matahari sampai kering Membuat semaian cabe Semaian cabe mempunyai 2 cara media : - Media polybag - Media bedengan semaian Kedua media ini hampir sama tetapi lebih banyak petani menggunkan media bedengan sebagi semaian cabe Untuk media bedengan semaian cabe :

1. Buat kembali bedengan semaian 2. beri pupuk kandang dan pupuk kimia TSP secukupnya mempercepat proses pertumbuhan bibit cabe 3. Taburkan bibit cab eke dalam bedengan semaian cabe 4. Jangan lupa tutup bagian atas mengunakan gulma kering biasanya menggunakan gulma alang-alang kering yang di sangga dengan kayu jarak antara tanah bedengan dan peyangga sebagai atap sekitar 50 cm agar tidak masuk secara langsung sinar matahari ke semaian bibit cabe 5. Jaga kelembaban tanah bedengan tadi seoptimal mungkin dengan cara minmal penyiraman setiap hari lewat atas gulma kering agar air yang jatuh tidak langsung ke tanah semaian bibit cabe. 6. Biarkan tumbuh sampai minimal 4 helai daun sebelum di pindahkan ke lahan Persiapan lahan untuk tanaman cabe Sambil menunggu semaian cabe tumbuh dan siap di pindahkan kelahan selanjutnya persiapkan lahan petanian untuk budidaya tanaman cabe harus diperhatiakan adalah: - Gemburkan serta buang seluruh gulma yang ada di lahan untuk penaman cabe - Lalu buat bedengan-bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter sampai 1,5 meterserta ketinggian bedangan sekitar 30 cm dan juga jarak antar bedengan sekitar 30 cm sampai 40cm - Buat lubang berjarak antara 40 cm sampai 60 cm Masa Penanaman cabe Untuk masa penanaman yang cocok untuk tanaman cabe : - Pastikan kadar curah hujan yang tidak terlalu banyak - Pilih bibit yang dari semaian dengan minimal 4 helai daun dan dalam kondisi subur lalu masukan ke lubang yang telah di persiapkan sebelumnya - Lalu tutup kembali lubang sebagai mana sebelumnya harus di siram setiap hari kalau tidak ada hujan. - Kalau pada musim kemarau sebaiknya gunakan penutup tanah mengunakan jerami atau media lain ini di maksudkan untuk menjaga kelembaban serta menekan kekeringan dan lain sebagi nya. Pemupukan tanaman cabe Beri pupuk kandang yang dapat juga di campur dengan TPS dan Urea secukupnya pada setiap batang cabe di bedengan lahan tanaman cabe,Untuk pupuk kandang yang paling sering di gunakan untuk menanam cabe banyak berasal dari hasil kotoran ayam,tetapi dapat juga mempergunakan kotoran hewan yang lain sebagai kompos nya. Perawatan tanaman cabe Perawatan tanaman cabe yang harus di perhatiakn adalah: - Lakukan penyiraman setiap hari - Bersihkan setiap gulma penggangu sampai bersih - Lakukan penyemprotan pestisida secara rutin sesuai anjuran - Petik daun yang telah kuning agar pertumbuhan cabe menjadi produktif - Dan lain sebagai nya Pemetikan hasil panen cabe Lakukan pemetikan buah cabe dengan kondisi buah yang telah masak dan segar masukan dalam kemasan wadah yang aliran atau sirkulasi udara yang sesuai agar cabe tidak cepat busuk.

REPORTER. STY/LB

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Aparatur Pemerintah Bungo Sukses Bertani Cabe

Arsip Berita

Copyright © 2017 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE