-

Akibat Karhutla, Kabut Asap Bertambah Pekat di Muarojambi

 Minggu, 22 September 2019  | LintasBarat.com |  Dilihat 354 

KESEHATAN – Kabut asap di yang melanda Provinsi Jambi semakin pekat, selain sangat terasa menganggu pernapasan dan mata menjadi perih, banyak warga mengurangi aktifitas di luar rumah.

Dari pantauan lintasbarat.com, kabut asap terlihat semakin pekat di Kabupaten Bungo akibat dari kebakaran lahan dan hutan yang masih terjadi. Sabtu (21/9/2019) di Kabupaten Bungo ada dua terjadi kebakaran lahan perkebunan di Dusun Pulau Jelmu dan Dusun Sirih Sekapur Kecamatan Jujuhan.

Karhutla juga terjadi di Desa Puding dan Mentaro, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi. Karhutla di kawasan areal lahan milik PT. Pesona Belantara Persada (PBP) dan areal lahan milik PT. Bara Eka Prima (BEP) yang mengakibatkan kabut asap sangat pekat.

Akibat dari karhutlah di areal lahan milik PT. PBP dan areal lahan milik PT. BEP kabut asap semakiun menjadi di Muarojambi. Bahkan di siang hari cuaca seperti malam hari, dan udara semakin menganggu pernapasan dan mata menjadi perih.

Petugas Karhutla gabungan TNI, Polda Jambi dan petugas dari perusahaan berupaya memadamkan api yang membakar areal lahan milik PT. PBP dan PT. BEP.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Muarojambi Zakir mengatakan, kebakaran hutan dan lahan terjadi wilayah Kumpeh selain areal gambut dan sulitnya sumber air, menyebabkan api sulit untuk di padamkan.

“” Karhutla terjadi di wilayah Kumpeh, api sulit dipadamkan karena areal gambut dan sulitnya sumber air, dan satgas Karhutla terus berupaya memdamkan api” ujar Zakir.

Dari informasi  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui satelit terra dan aqua merilis, jumlah titik panas di Sumatera mencapai 1.182 titik. Jumlah tersebut paling banyak di Provinsi Jambi mencapai 499 titik. Jumlah titik panas indikasi karhutla di Jambi tersebut, terbanyak di Kabupaten Muaro Jambi mencapai 177 titik. (sal/sty)

 

Kategori :
Bagikan: :

Komentar Facebook : Akibat Karhutla, Kabut Asap Bertambah Pekat di Muarojambi

Arsip Berita

Copyright © 2019 • www.Lintasbarat.com • All Rights Reserved
Developed by AFAwebmedia
Powered by mE